3 Langkah Minimalisir Kegagalan Implementasi ERP

https://folarium.co.id/3-langkah-minimalisir-kegagalan-implementasi-erp

Dalam implementasi ERP banyak hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan. Banyak informasi yang beredar terkait faktor-faktor kegagalan dalam implementasi ERP. Adapun beberapa cara untuk meminimalisir kegagalan implementasi ERP yaitu :

  1. Dokumen KAK & Ekspetasi

    Pada dasarnya sebelum mencari vendor, pastikan gali terlebih dahulu kebutuhan perusahaan secara terinci. Pastikan kelola ekspetasi dengan baik dan terdokumentasi. Banyak perusahaan menganggap software ERP menggantikan semua tools pekerjaan yang ada diperusahaan sehingga berekspetasi terlalu tinggi. Hal ini akan mengakibatkan berhentinya/tertundanya implementasi.

    6 Langkah Persiapan Implementasi ERP

  2. Organisasi

    Pastikan struktur Organisasi telah tersusun. Adapun yang harus disiapkan sebelum ERP diimplementasikan yaitu posisi direktur compliance (Kepatuhan). Banyak perusahaan belum menyadari hal ini, mereka berasumsi masing-masing divisi akan mengkondisikan perubahan yang terjadi. Padahal secara realitas tidak demikian. ERP merupakan Sistem terintegrasi yang terhubung antar divisi, apabila salah satu divisi macet maka akan berimplikasi dengan divisi lainnya. Peran dari Direktur kepatuhan ini sangat penting agar system saat diimplementasikan untuk tahun pertama berjalan lancer hingga terbentuknya budaya.

    Langkah Re-Organisasi Bisnis Saat Pandemi

  3. Keuangan

    Implementasi ERP merupakan investasi jangka panjang yang memakan dana yang cukup besar. Pastikan keuangan perusahaan dalam keadaan sehat. Buat anggaran terlebih dahulu sebelum menentukan vendor yang dipilih. Apabila anggaran sudah tersedia, baru mulailah implementasi ERP. Software ERP bukan software yang sederhana yang dapat diganti dengan software lainnya dengan mudah. Kompleksitas yang terjadi akan membawa pengaruh yang sangat besar di perusahaan sehingga jangan sampai setengah jalan

Tags/Label :
kegagalan erp, minimalisisr kegagalan erp, implementasi erp, software erp indonesia, kegagalan implementasi

Scroll to Top