3 Penyebab Murah Atau Mahalnya Biaya Solusi ERP

https://folarium.co.id/3-penyebab-murah-atau-mahalnya-biaya-solusi-erp

Kesadaran kebutuhan system intergasi di dalam operasional perusahaan saat ini sangat tinggi. Hal itu disebabkan krisis kesehatan karena pandemic COVID. Bagi perusahaan Kecil & Menengah, banyak yang belum siap akan hal itu sehingga berdampak pada operasional bisnis.

Tingginya permintaan akan system intergasi atau ERP ini menjadi penting mengetahui biaya yang diperlukan. Biaya implementasi ERP bermacam-macam dari yang murah, terjangkau dan mahal. Terkait biaya itu juga kembali kesudut pandang masing-masing perusahaan.

Apa saja yang mempengaruhi pertimbangan biaya implementasi ERP ?

  1. Peningkatan profitabilitas perusahaan
  2. Efisiensi dan Efektivitas Pekerjaan dalam produktivitas
  3. Ketersediaan Anggaran pada masing-masing pos.

Sebelum memilih penyedia layanan, perusahaan harus mempertimbangkan 3 hal tersebut agar mengetahui alasan dan tujuannya.

 

3 Faktor Mudah Atau Sulitnya Implementasi ERP

 

Apa saja yang penyebab murah atau mahalnya Biaya solusi ERP ?

  1. Tingkat Kesesuaian Bisnis

    Banyak penyedia ERP yang menawarkan produknya mulai dari yang murah hingga mahal tetapi biaya juga mewujudkan tingkai kesesuaian bisnis. Mulai dari dasar kebutuhan hingga terpenuhinya kebutuhan.

    Hal yang harus diketahui bahwasannya Teknologi selalu berkembang, sama halnya bisnis perusahaan.

  2. Waktu dan Kesiapan

    Kesiapan dalam implementasi ERP menjadi bagian penting. Seperti Restrukturisasi Posisi/Jabatan, Proses Bisnis, Pola Kerja dan Kebijakan lainnya. Selain dari sisi teknis juga menjadi perhatian bagaimana data yang akan dimigrasikan. Hal-hal itu yang akan mempengaruhi waktu implementasi.

  3. Kustomisasi

    Seperti pada pembahasan poin 1, dukungan kustomisasi menjadi pengaruh yang sangat besar dalam biaya implementasi. Hal ini juga akan kembali berpengaruh pada poin 2. Apabila perusahaan memilih biaya ERP yang murah, pastikan terkait fleksibilitas dalam kustomisasi.

Masing-masing penyedia solusi ERP memiliki kekurangan dan kelebihan. Tidak ada kesempurnaan dalam solusi ERP tetapi perusahaan dapat mempertimbangkan atas 3 hal yang mempengaruhi biaya implementasi ERP.

 

5 Pertimbangan Memilih Software ERP

 

Carilah penyedia layanan yang cukup fleksibel dengan investasi yang tidak terlalu besar diawal karena ketidaksesuaian waktu implementasi yang diakibatkan penyesuaian bisnis perusahaan. Kembali pada hakikatnya yaitu murah atau mahalnya biaya solusi ERP tergantung pada dampak yang diberikan ke perusahaan.

Tags/Label :
biaya erp, implementasi erp, solusi erp, softwar erp, folarium erp

Scroll to Top