5 Peran Penting Yang Harus Ada Pada Suatu IT Project
5 Peran Penting Yang Harus Ada Pada Suatu IT Project

21 Apr 2022 08:54 509 Share

Sebuah proyek IT, sekecil apapun skalanya, tetap membutuhkan peran expert agar manajemen proyek berjalan lancar. Supaya proyek yang sedang berjalan sesuai rencana dan selesai tepat waktu, pemenuhan peran berikut harus ada di setiap IT project.

Baca juga: Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Inisiasi IT Project Management 

1. Project Manager

Sebuah proyek IT harus memiliki sistem manajemen operasi yang baik untuk mengatur seluruh tim. Pengaturan tersebut bisa terwujud jika dipimpin oleh project manager yang bertanggung jawab akan proyek. 

Seorang project manager harus memiliki kecakapan agar saat berkoordinasi dengan klien, baik dari segi negosiasi harga maupun diskusi lainnya, tidak terjadi miskomunikasi yang dapat menimbulkan kesan buruk dari klien.

2. Technical Expert

Pakar teknis diperlukan dalam memberikan solusi teknis untuk masalah organisasi. Para ahli teknis meliputi:

  • System Analyst: bertugas dalam melakukan analisa proyek IT sampai analisa hasil dan periode waktu.
  • UI/UX Designer: bertugas mendesain tampilan sistem Anda.
  • Technical Writer: bertugas mendokumentasikan proyek, merumuskan seluruh bagian penulisan dalam proyek, serta membuat buku panduan.
  • Developer: bertugas mengembangkan, merawat, dan mengoperasikan sistem. Di dalamnya termasuk frontend developer dan web/mobile developer.

3. QA (Quality Assurance)

Peran QA sangat penting karena tugas mereka adalah memeriksa apakah sistem yang dibuat oleh pengembang berfungsi seperti yang diharapkan. Jika Anda menemukan bug atau fitur  yang tidak berfungsi dengan baik, QA harus mencatat bug tersebut dan meneruskannya ke pengembang sehingga dapat diperbaiki untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

4. DBA (Database Administrator)

Peran DBA berfungsi untuk merancang, mengimplementasi, memelihara, dan memperbaiki database. Dalam beberapa proyek IT, DBA sering disebut sebagai koordinator database.

Ruang lingkup DBA dalam proyek IT cukup luas karena mereka harus memeriksa implementasi desain strategi, bagaimana meningkatkan kinerjanya dan hal lainnya.

5. SME (Subject Matter Expert)

SME adalah pengguna atau pelanggan dengan pengetahuan, keahlian khusus, atau mereka yang memiliki wawasan tentang area fungsional tertentu yang diperlukan untuk mendukung proyek IT. 

Misalnya, sebuah organisasi ingin membangun sistem pendukung peraturan perpajakan, kemudian memilih ahli pajak untuk masuk dalam tim bisa sangat bermanfaat karena mereka akan berbagi pengetahuan.

Itu lah 5 peran penting yang harus ada dalam tim IT project. Kelengkapan setiap peran di atas bisa membuat manajemen proyek IT berjalan lancar sesuai tujuan dan target perusahaan.

Whatsapp Folarium
Page loaded in 3.18909 seconds