5 Perbedaan Konsultan IT & Konsultan ERP

https://folarium.co.id/5-perbedaan-konsultan-it-konsultan-erp

Apa itu konsultan? Istilah ini bisa ditemui dalam berbagai bidang pekerjaan yang memiliki spesialisasi tertentu. Misalnya ialah dalam konstruksi, pajak, hukum, Teknologi dan berbagai bidang lainnya. Adanya jasa ini memungkinkan suatu kebijakan yang diambil lebih tepat sasaran.

Khususnya dalam Teknologi, keberadaan konsultan sangat penting. Di dalamnya ada berbagai manfaat yang bisa didapat. Khususnya ialah dalam pencapaian tujuan yang optimal dan efektif.

 

3 Aspek Kegagalan Implementasi ERP Di Indonesia

 

Apa itu Konsultan ?

Kita perlu mengenal pengertian konsultan lebih dalam lagi. Konsultan ialah tenaga professional yang memberikan jasa kepenasihatan dalam bidang tertentu. Untuk bidang Teknologi, jasa ini penting dalam memberikan pertimbangan dan masukan yang memungkinkan proyek berjalan efektif.

Jasa ini sangat diperlukan, apalagi bagi proyek berskala besar. Adanya konsultan dalam Teknologi memungkinkan pelaksanaan dan hasil akan sesuai dengan perencanaan dan konsep awal.

 

 5 Pertimbangan Memilih Software ERP

 

Perbedaan Konsultan IT & ERP

Peran konsultan IT atau ERP di dalam bidang Teknologi tidaklah jauh berbeda. Perbedaannya hanya pada spesialisasi seperti halnya dokter umum dan dokter kulit, berikut kami rangkum 5 poin perbedaannya :

  IT Consultant ERP Consultant
Knowledge Global Spesific
Object Business Requirement Business Problem
Focus Solution Solution & Business Impact
Startpoint What How
Viewpoint Possible Solution Ideal Solution

Dari perbedaan diatas, tujuan akhir konsultan ini ialah solusi efisien bagi perusahaan. Keputusan dalam memilih konsultan pun juga disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Adapun Tips dalam memilih konsultan sesuai kebutuhan bisnis, sebagai berikut :

  1. Pastikan anda telah mendapatkan jawaban atas 5 point diatas.
  2. Gunakan Konsultan Eksternal dan telah berbadan hukum.
  3. Konsultan terbaik tidak hanya fokus pada solusi tetapi pada resiko bisnis yang akan dihadapi dimasa depan

Tags/Label :
konsultan it, konsultan erp, erp indonesia, konsultan indonesia, konsultan teknologi

Scroll to Top