5 Pertimbangan Memilih Software ERP

https://folarium.co.id/5-pertimbangan-memilih-software-erp

Kini semakin banyak teknologi yang dikembangkan untuk merampingkan alur kerja dan tugas bisnis sehari-hari, salah satunya adalah Enterprise Resource Planning (ERP). Teknologi satu ini berhasil menciptakan aktivitas manajemen bisnis dan operasional perusahaan jauh lebih memudahkan. Pengelolaan data-data perusahaan yang sudah terintegrasi ke dalam satu sistem yang memungkinkan monitoring lebih cepat, penyajian lebih akurat dan lengkap.

Tak heran sekarang banyak pengusaha mulai tertarik untuk juga menggunakan ERP dalam perusahaannya. Mereka ingin juga merasakan bagaimana Software ERP bisa membuat semuanya lebih mudah dan efisien secara waktu, biaya dan tenaga. Memilih solusi ERP tentunya membutuhkan komitmen serius mengingat waktu penerapan, uang, dan sumber daya. Sayangnya, perusahaan cenderung membuat keputusan seperti ini hanya berdasarkan budget dan terburu-buru. Lebih buruk lagi, keputusan cepat yang mereka ambil ini tak jarang akan memunculkan hambatan di kemudian hari.

 

5 Perbedaan Konsultan IT & Konsultan ERP

 

Mungkin Anda disini pun juga salah satu dari mereka dan karenanya penting untuk tahu beberapa tips sebelum memilih Software ERP yang sesuai kemampuan dan kondisi perusahaan. Kami rangkum dalam 6 poin besar dalam memilih software ERP, sebagai berikut ini:

  1. Analisa Kebutuhan Perusahaan

    Ada banyak ragam software ERP yang dijual di pasaran dengan kegunaannya masing-masing. Ada yang cenderung lebih sederhana, sebaliknya ada yang sangat kompleks. Tak jarang akhirnya software kurang solutif terhadap bisnis, karena sejak awal membeli tidak disesuaikan terlebih dulu dengan kebutuhan riil perusahaan. Karenanya ini menjadi langkah awal yang sangat penting supaya Anda bisa memilih Software ERP yang tepat.

    Hal itu bisa dilihat mulai dari tingkat kompleksitas aktivitas dalam perusahaan Anda. Karena semakin padatnya aktivitas operasional dan banyaknya bagian dalam perusahaan, maka semakin diperlukan pula Software ini. Setelah tahu sampai seberapa kebutuhan perusahaan untuk dibantu oleh Software ini, Anda bisa mulai survei software ERP yang cocok.

    Beberapa vendor bahkan menyediakan Software yang bisa dikustomisasi, dalam artian didesain secara spesifik menurut permintaan pemilik bisnis yang membelinya. Hal itu akan sangat cocok ketika memang perusahaan Anda sudah sangat kompleks aktivitas manajerialnya. Pastikan Anda memilih penyedia layanan yang mendukung kustomisasi.

  2. Aksesbilitas dan Fleksibilitas

    Faktor kedua yang juga penting untuk Anda pertimbangkan adalah sisi aksesbilitas dan fleksibilitas dari Software ERP. Anda bisa menanyakan sejak awal apakah Software itu kompatibel dengan perangkat lainnya misalkan smartphone atau gadget mobile. Selain itu juga apakah Software memungkinkan untuk diakses secara Real-Time saat anda harus bekerja jarak-jauh.

    Hal itu akan memudahkan untuk Anda yang perusahaannya tersebar di beberapa tempat. Tidak akan lagi repot untuk operasional dalam menghubungkan antar kantor, karena setiap cabang bisa mengakses data yang sama dan terpusat pada satu server. Dengan begitu aktivitas operasional pun akan lebih mudah dan cepat.

  3. Pertimbangkan Anggaran

    Tentu saja aspek harga juga masuk ke dalam pertimbangan ketika Anda ingin membeli Software ERP. Karena Anda akan menemukan beragam tingkatan harga mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal. Bukan perkara mana yang lebih bagus antara mahal dan murah, tapi ini juga terkait dengan kondisi keuangan perusahaan Anda sendiri.

    Karenanya sebelum Anda memilih, sebaiknya analisa terlebih dulu sampai seberapa besar anggaran bisa perusahaan alokasikan untuk investasi pada teknologi ini. Dari situ bisa Anda dapatkan perkiraan budget untuk membeli Software ERP yang cocok. Apabila perusahaan Anda memiliki anggaran yang tidak terbatas, anda dapat memilih Software ERP dari SAP, Oracle Suite atau Microsoft Dynamic.

    Beberapa perusahaan saat ini cenderung untuk memilih software ERP yang dapat dikembangkan jangka panjang dengan anggaran yang sesuai kondisi perusahaan, dikarenakan tuntutan kebutuhan bisnis yang terus berkembang dan berubah maka perusahaan mengambil jenis layanan ini. Seperti halnya software Folarium ERP yang menyediakan paket LTD (Long-Term Development) sehingga perusahaan dapat berfokus pada pertumbuhan bisnis dimasa didepan dengan anggaran yang terjangkau.

  4. Tingkat Kesulitan Penggunaan

    Ini juga jadi salah satu poin yang perlu Anda pertimbangkan sejak awal sebelum memilih ERP. Karena sering terjadi dimana pegawai bukannya bekerja lebih cepat, tapi justru jauh lebih lama dari sebelumnya. Itu ternyata terjadi karena mereka kesulitan untuk mengoperasionalkan Software ERP. Jika begitu akhirnya aktivitas manajemen dalam perusahaan Anda justru terhambat.

    Karenanya penting Anda meminta demo dari penyedia layanan sebelum memutuskan untuk memilih. Anda bisa melihat software ERP mana yang paling cocok dengan kegiatan bisnis. Kelebihan lainnya, Anda dapat melihat apakah Software ERP yang ditawarkan dapat memberikan kemudahan dan kelebihan seperti yang ditawarkan.

  5. Dukungan Vendor

    Terakhir, poin yang juga tak kalah penting adalah menganalisa sampai seberapa vendor Software bisa mendukung proses penerapan Software ERP pada perusahaan Anda. Karena proses peralihan itu pasti membutuhkan cukup banyak bantuan di awal sampai akhirnya tim Anda bisa mandiri mengimplementasikannya.

    Oleh sebab itu disarankan sejak awal Anda mencari vendor ERP yang mau memberikan dukungan tambahan seperti pelatihan penggunaan, garansi pemakaian, pendampingan selama awal penerapan dan seterusnya. Jadi ada jaminan setelah Anda memilih, tak ada kesulitan dari para SDM perusahaan Anda untuk mengoperasikannya.

3 Aspek Kegagalan Implementasi ERP Di Indonesia

 

Itulah beberapa faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika hendak memilih ERP. Sebenarnya sama seperti membeli produk lain, jika Anda ingin mendapatkan yang terbaik dan benar-benar memenuhi kebutuhan, maka analisa yang dibutuhkan juga lebih banyak. Sehingga dari situ dapat dipastikan bahwa Software ERP yang Anda pilih untuk perusahaan benar-benar cocok sesuai dengan konteks aktual bisnis Anda.

Tags/Label :
tips, memilih erp, software erp, erp indonesia, perusahaan erp, pertimbangan

Scroll to Top