https://folarium.co.id/cara-kerja-erp-dalam-mempermudah-proses-manufaktur

Cara Kerja ERP Dalam Mempermudah Proses Manufaktur

ERP dalam proses manufaktur menjadi perangkat lunak yang digunakan berbagai perusahaan mulai dari skala kecil, menengah, hingga besar. Perusahaan manufaktur membutuhkan ERP dengan modul dan kemampuan khusus untuk mengelola, mengotomatisasi, melacak, berkolaborasi, dan mengintegrasikan semua proses. Ini bermanfaat untuk operasional pesanan pelanggan hingga pengiriman. Lalu, apa cara kerja ERP yang dapat mempermudah proses manufaktur?

 

Baca juga: 6 Tips Manajemen Inventaris yang Mempermudah Kerja Perusahaan

 

1. ERP Menyederhanakan Manajemen Inventaris

Persediaan produk terdiri dari hasil manufaktur meliputi proses produksi sampai produk dikirimkan ke pelanggan. Manajemen inventaris melibatkan berbagai proses untuk memastikan bahwa produsen memiliki jumlah material yang tepat untuk menyelesaikan proses manufaktur. Masalah dapat terjadi jika manajemen inventaris bahan dan produk tidak optimal. 

ERP dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses secara otomatis seperti BOM (Bill of Material), manajemen persediaan, dan pelacakan bahan baku. Untuk produsen berskala kecil, update proses tersebut umumnya masih menggunakan cara manual seperti spreadsheet. ERP bisa mengantisipasi human error dan membuat proses menjadi lebih sederhana.

 

2. ERP Menghitung Secara Otomatis

Anda dapat menggunakan otomatisasi dalam proses penghitungan siklus untuk meningkatkan akurasi. Otomatisasi mengurangi biaya tenaga kerja, meningkatkan produktivitas karyawan, meningkatkan keandalan tingkat inventaris, dan memberikan hasil real time saat inventaris berubah. Dengan menyederhanakan penghitungan siklus inventaris, Anda dapat menghilangkan biaya inventaris yang disebabkan oleh kelalaian manusia.

Selain itu, biaya akan jauh lebih rendah. Sistem ERP akan mengerjakan otomatisasi tersebut dan menunjukkan hasil terakurat.

 

3. ERP Menyajikan Data Permintaan Pelanggan

Tidak mudah untuk mengetahui persediaan menggunakan cara manual. Bagian forecasting akan menyusun rencana berdasarkan penelitian dan hasil data yang tercatat sesuai lapangan. Menebak tren penjualan menggunakan perencanaan manual seperti ini tidak mencakup perhitungan pasar. 

Melihat kegagalan pada history pelanggan akan sulit. ERP berisi sistem yang mencatat record dan melaporkan melalui report. Data yang disajikan lebih akurat karena adanya perhitungan oleh sistem. Maka dari itu, perencanaan dan evaluasi proses manufaktur akan lebih mudah.

 

4. ERP Menyederhanakan Kolaborasi dengan Pemasok

ERP bekerja untuk menyederhanakan dan meningkatkan response time dengan signifikan. Tentunya hal ini dapat meningkatkan komunikasi internal antar semua departemen maupun komunikasi dengan para pemasok. Nantinya, semua pihak yang terlibat proses manufaktur bisa bekerja sama sesuai kepentingan.

Kerjasama yang baik berarti mencapai tujuan perusahaan Anda lebih cepat dan tepat waktu. Software ERP dapat merespon dengan cepat dan efisien terhadap perubahan data. Pada akhirnya, kolaborasi ini dapat membantu meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

 

5. ERP Menciptakan Supply Chain Otomatis

Integrasi sistem ERP dan manajemen rantai pasokan dapat sangat membantu dalam meningkatkan komunikasi antara produsen dan pemasok. Selain itu, pelanggan bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang aktivitas bisnis Anda. Human error adalah salah satu kendala utama dalam industri manufaktur.  

Anda dapat mengeliminasi kesalahan-kesalahan rantai pasok yang kompleks dengan mengotomatiskan beberapa proses. Karyawan pun memiliki waktu untuk mengerjakan kegiatan lain yang lebih efektif. Cara kerja ERP ini dapat mengoptimalkan sumber daya yang tersedia, mengurangi biaya tenaga kerja, dan menguntungkan bisnis Anda.

 

Software ERP tidak hanya bermanfaat untuk manufaktur bisnis skala besar saja. Namun segala skala bisa terbantu karena ERP sendiri adalah investasi teknologi yang membantu bisnis Anda. Folarium merupakan aplikasi ERP yang menyediakan berbagai fitur dengan kustomisasi sesuai keadaan dan kebutuhan bisnis Anda. Pemulihan layanan ERP dengan benar akan mendatangkan hasil optimal untuk perusahaan Anda.

 

Keyword :

Scroll to Top