https://folarium.co.id/cara-praktis-kelola-bpjs-kesehatan-karyawan

Cara Praktis Kelola BPJS Kesehatan Karyawan

BPJS merupakan salah satu program jaminan kesehatan pemerintah sebagai alternatif jaminan kesehatan masyarakat. Saat bekerja di perusahaan, BPJS kesehatan sering menjadi fasilitas yang diberikan perusahaan. Departemen HR melalui pengelolaan payroll menjadi bagian yang mengurusnya. Berikut ini pembahasan seputar cara praktis kelola BPJS kesehatan karyawan.

 

Jenis dan Fungsi BPJS 

Diatur sesuai UU No. 24 Tahun 2011 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, BPJS memiliki jenis dan fungsi sebagai berikut:

 

  • Jenis

BPJS terbagi menjadi dua jenis, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Keduanya resmi mulai beroperasi pada 1 Januari 2014. Selain itu, BPJS Kesehatan adalah hasil konversi PT Askes (Persero) dan BPJS Ketenagakerjaan merupakan hasil perubahan dari PT Jamsostek (Persero).

 

  • Fungsi

Fungsi BPJS Kesehatan adalah mengelola program jaminan kesehatan. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan menyediakan jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun dan jaminan hari tua.

 

Manfaat BPJS Kesehatan untuk Karyawan

BPJS Kesehatan dapat didaftarkan secara terpisah, namun biasanya karyawan menerima layanan BPJS Kesehatan dari perusahaan. Hal ini terkait dengan peraturan pemerintah yang mewajibkan setiap perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya dalam program BPJS. BPJS Kesehatan menawarkan banyak manfaat kepada karyawan, salah satunya memastikan kesehatan karyawan. 

Biasanya, perusahaan membayar iuran BPJS Kesehatan sesuai perhitungan yang telah ditentukan dan dipotong dari gaji. Biaya ini dibayarkan setiap bulan agar karyawan tetap aktif. BPJS Kesehatan tentunya sangat bermanfaat bagi perusahaan, karena iurannya cukup terjangkau dan menjamin kesehatan seluruh karyawan.

 

Pengelolaan yang Praktis

Perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak seringkali mengalami kesulitan menghitung payroll melalui proses manual. Selain tidak efisien, proses manual membawa risiko human error yang lebih tinggi. Salah satu cara yang paling praktis adalah menggunakan sistem pengolah yang terintegrasi dan real time.

ERP merupakan software yang saat ini sedang populer di kalangan pebisnis karena software ini dapat membantu mereka melakukan semua fungsi operasional karena modul sudah ada di setiap software ERP. Namun dari sekian banyak modul yang ada di software ini, modul HR menjadi yang paling banyak diminati perusahaan.

 

Kegunaan ERP pada perusahaan antara lain:

  • Komponen Payroll Terintegrasi: Anda bisa menghitung payroll berdasarkan regulasi yang berlaku termasuk juga ketentuan resmi untuk BPJS Kesehatan.
  • Mudah dan Efektif: menyederhanakan pekerjaan HRD secara efektif.

 

Perhitungan Payroll Terintegrasi 

Keuntungan ini pasti akan membantu pekerjaan HRD di perusahaan Anda. Anda tidak perlu membuang banyak waktu dengan proses yang panjang dan manual, kini Anda dapat beralih ke software penggajian terintegrasi dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Modul HR dari FOLARIUM adalah solusi yang paling cocok untuk berbagai jenis perusahaan. Anda cukup melakukan input nominal gaji dan potongan, setelah itu sistem akan menghitung semuanya. Ini juga termasuk dalam perhitungan BPJS sehingga nominal payroll lebih akurat.

 

Itu lah cara praktis kelola BPJS Kesehatan dengan ERP. Program BPJS bertujuan untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia dapat memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk memahami jenis, fungsi, tugas dan mengurusnya untuk hak para pekerja.

 

 

Oleh: Khairianti S.

 

Reference :

Keyword :

Scroll to Top