https://folarium.co.id/hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-inisiasi-it-project-management

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Inisiasi IT Project Management

Proses inisiasi IT project management merupakan langkah pertama dalam siklus manajemen proyek. Proses ini menjadi langkah dasar untuk menentukan identifikasi kebutuhan proyek, timeline, tujuan, stakeholder, dan seluruh rangkaian penting lainnya. Berikut hal yang harus Anda perhatikan saat akan memulai tahap inisiasi.

 

Baca juga: Definisi Dan 5 Siklus Dalam IT Project Management

 

  • Timeline

Setelah proyek IT disetujui bersama, inisiasi akan dimulai. Aspek yang harus Anda rumuskan adalah timeline proyek. 

Sebuah proyek IT harus memiliki rentang waktu pengerjaan yang jelas agar bisa di-manage sebaik mungkin. Periode pengerjaan akan sangat mempengaruhi biaya, resiko, hasil, dan aspek penting lainnya.

 

  • Risiko Proyek

Identifikasi risiko adalah cara utama dalam manajemen risiko itu sendiri. Identifikasi setiap risiko yang berpeluang akan dihadapi dalam proyek IT.

Pada bagian ini, manajer proyek harus mengkonfirmasi hasil perundingan tim. Setelah memproyeksikan risiko, IT project management bisa menyusun solusi dan beranjak ke siklus selanjutnya.

 

  • Target Proyek

Penting untuk mengidentifikasi pelanggan maupun pihak lainnya yang akan menjadi target dari proyek ini. Identifikasi siapa yang akan mendapatkan manfaat dari produk yang Anda hasilkan. Hasil dari perundingan target harus disertakan dalam proposal proyek.

 

  • Stakeholder

Stakeholder adalah orang yang secara aktif terlibat dalam proyek dengan berbagai kepentingan. Kepentingan mereka akan mempengaruhi proyek IT. Stakeholder terdiri dari orang dalam organisasi, atau orang lainnya dengan kepentingan dalam proyek sampai akhir proyek.

 

  • Sumber Daya

Sumber daya berperan penting untuk membuat proyek IT bisa berjalan. Manajemen di tahap ini berarti Anda harus menentukan sumber pendanaan atau funding, support dari pelanggan, fasilitas selama proyek berlangsung, equipment, dan tools untuk perangkat lunak.

 

Manajer proyek IT harus memperhatikan hal-hal di atas saat tahap inisiasi IT project management dimulai. Perlu perundingan menyeluruh dalam satu tim agar setiap siklus proyek berjalan lancar. 

Jika Anda memiliki kebutuhan konsultasi IT project management, Anda bisa menghubungi konsultan software. Salah satunya adalah Folarium yang menyediakan konsultasi dengan topik terkait dan implementasi ERP untuk perusahaan Anda.

Keyword :

Scroll to Top