https://folarium.co.id/hubungan-it-audit-dan-implementasi-erp

Hubungan IT Audit Dan Implementasi ERP

Saat menjalankan bisnis atau mengelola proyek IT, dampak cyber crime bisa sangat berbahaya. Kelalaian keamanan siber dapat mencuri informasi pelanggan, meretas, dan merusak reputasi Anda. Lingkungan dunia maya lebih abstrak dengan ancaman yang tidak terlihat. Untuk alasan ini, perusahaan perlu melakukan IT audit untuk memastikan bahwa data dan jaringan mereka terlindungi.

 

Apa Itu IT Audit?

IT audit adalah penyelidikan dan evaluasi infrastruktur IT dalam suatu sistem perusahaan atau lembaga yang mencakup kebijakan dan operasi IT dalam suatu organisasi. IT audit menentukan apakah manajemen teknologi informasi Anda melindungi aset bisnis, memastikan integritas data, dan memenuhi tujuan bisnis secara keseluruhan.

Auditor IT akan memegang peran penting di sini. Mereka menyelidiki dan mengontrol keamanan fisik sekaligus keamanan bisnis yang mempengaruhi sistem teknologi informasi.

 

Baca juga: Keterkaitan Infrastruktur IT Dengan Implementasi ERP

 

Tujuan IT Audit

IT audit memiliki beberapa tujuan meliputi:

  • Evaluasi sistem dan proses keamanan perusahaan khususnya di bidang IT
  • Verifikasi integritas informasi
  • Menentukan dan mengatasi potensi risiko terhadap akses informasi perusahaan
  • Memeriksa proses manajemen IT yang sesuai dengan undang-undang
  • Menjaga seluruh aset
  • Meningkatkan efisiensi sistem teknologi informasi di suatu perusahaan

 

IT Audit dan ERP

Terdapat keterkaitan dari dilakukannya IT audit dan implementasi ERP. ERP yang memudahkan proses otomatisasi bisnis sangat erat dengan IT dan keamanannya. Maka keterkaitan tersebut meliputi:

 

  • Pencegahan Kebobolan

Kebobolan dan kesalahan keamanan IT dapat terjadi dari pihak eksternal maupun internal. Penggunaan ERP yang tersentral serta terintegrasi akan memudahkan proses IT audit. Sistem ERP yang baik memiliki keamanan yang baik dan semua dapat diakses perusahaan kapanpun dimanapun.

 

  • Mencegah Kesalahan Laporan 

Akurasi laporan sangat penting untuk proses IT audit maupun manajemen bisnis secara keseluruhan. Sistem ERP akan memberikan akurasi yang tinggi termasuk untuk laporan finansial yang membutuhkan ketelitian serta ketepatan waktu laporan.

 

  • Mencegah Human Error

Sistem ERP akan mencegah kesalahan konfigurasi manual dan pencatatan manual. IT audit yang rutin membutuhkan ketelitian sehingga otomatisasi adalah salah satu penunjang keberhasilan proses audit.

 

Baik proses IT audit dan implementasi ERP, keduanya menjadi penentu kemajuan bisnis. Anda harus mempercayakan solusi ini kepada vendor yang menyediakan solusi teknologi informasi terbaik pada perusahaan Anda. Salah satunya adalah penyedia ERP dari Folarium. Sistem ERP yang disediakan Folarium mengedepankan fungsi sesuai kebutuhan Anda dengan penawaran modul yang bisa Anda kustomisasi.

Keyword :

Scroll to Top