https://folarium.co.id/keterkaitan-infrastruktur-it-dengan-implementasi-erp

Keterkaitan Infrastruktur IT Dengan Implementasi ERP

Infrastruktur teknologi IT ini merupakan kerangka kerja yang mendukung suatu sistem atau organisasi. Dalam komputasinya, infrastruktur IT terdiri dari sumber daya fisik dan virtual yang mendukung penyimpanan, pemrosesan, dan analisis data. Infrastruktur tersebut sangat menunjang perkembangan teknologi IT itu sendiri. Lalu apa keterkaitannya dengan sistem ERP?

 

Baca juga: Penerapan Sertifikasi ISO 27001 Untuk Aplikasi HRIS

 

Apa yang Dimaksud Infrastruktur IT?

Infrastruktur teknologi informasi secara luas didefinisikan sebagai seperangkat komponen teknologi informasi (IT) yang membentuk dasar layanan IT. Biasanya tidak hanya mencakup komponen fisik (komputer, perangkat keras, peralatan jaringan), tetapi juga berbagai perangkat lunak dan komponen jaringan. 

Infrastruktur teknologi informasi dapat dipusatkan pada suatu pusat data (data center). Infrastruktur bidang IT biasanya mengacu pada komponen yang diperlukan untuk mengoperasikan dan mengelola lingkungan IT perusahaan. 

Semua perangkat cakupan infrastruktur ini adalah seluruh perangkat keras, perangkat lunak, fasilitas, jaringan, dan komponen terkait lainnya yang mengembangkan, menguji, memantau, mengontrol, dan mendukung layanan IT.

 

Tujuan Infrastruktur IT

  • Melengkapi manajemen teknologi informasi agar pekerjaan dan perusahaan berjalan efektif
  • Upaya menjaga kebijakan data perusahaan
  • Memelihara sistem IT
  • Untuk memperlancar operasi teknologi informasi di suatu perusahaan
  • Menunjang kemajuan perusahaan karena menggunakan sistem IT yang baik 

 

Keterkaitan dengan ERP

  • Tujuan yang Sejalan

Dalam menunjang infrastruktur bidang IT, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengimplementasikan ERP pada perusahaan. Sistem ERP akan memudahkan proses otomatisasi bisnis serta manajemen bisnis dengan teknologi informasi.

Produktivitas karyawan yang meningkat adalah salah satu manfaat dari implementasi ERP. Maka perusahaan juga bisa lebih fokus pada pemeliharaan infrastruktur IT dan meminimalisir pekerjaan manual.

 

  • Infrastruktur IT sebagai Penunjang ERP

Perlu Anda ketahui, saat memutuskan implementasi ERP, infrastruktur pada IT perusahaan Anda harus cukup mumpuni. Kesiapan infrastruktur akan menunjang kemudahan menggunakan ERP.

Jika perusahaan Anda masih sepenuhnya menjalani manajemen manual dan tidak memiliki perangkat-perangkat IT yang menunjang, Anda perlu melakukan transisi ke otomatisasi dan menyiapkan kesiapan teknologi informasi di perusahaan terlebih dahulu.

 

  • Kesiapan Tim IT

Perusahaan harus memiliki orang-orang yang mampu dan mengerti teknologi informasi dengan baik. Tim IT akan sangat berfungsi dalam menjadi pelapor mengenai bugs atau kesalahan sistem ke vendor ERP. 

Tim ini juga akan mengelola keamanan akses sistem agar berjalan dengan baik di perusahaan. Upaya memiliki tim IT dengan kemampuan baik adalah salah satu upaya pemeliharaan infrastruktur bidang IT karena berkaitan dengan operasional teknologi informasi.

 

Baik infrastruktur bidang IT dan implementasi ERP membutuhkan kesinambungan. Sebagai perusahaan yang hendak meningkatkan teknologi informasinya, pemilihan sistem ERP adalah langkah yang baik. Pilih vendor penyedia ERP yang memberikan pelayanan beragam sesuai kebutuhan Anda. 

Folarium ERP menyediakan sistem ERP yang melancarkan bisnis Anda. Dengan sistem ERP yang mudah diakses, mudah dioperasikan, dan bisa Anda kustomisasi, Folarium selalu memberikan pengalaman pengguna terbaik.

 

Keyword :

Scroll to Top