https://folarium.co.id/konsep-erp-dalam-pengelolaan-sdm-perusahaan

Konsep ERP Dalam Pengelolaan SDM Perusahaan

Hampir semua sektor industri menggunakan sistem ERP untuk manajemen bisnis. Pada awalnya, teknologi sistem ERP hanya diterapkan pada perusahaan di industri manufaktur, tetapi saat ini penerapan sistem ERP dapat ditemukan di berbagai layanan jasa dan barang. Sistem ERP juga dapat diterapkan pada semua unit bisnis dalam suatu perusahaan. Salah satunya adalah sistem ERP yang diterapkan pada manajemen personalia perusahaan. Berikut ini pemaparan tentang konsep ERP dalam pengelolaan SDM.

 

Baca juga: Manajemen Payroll Rumit? Software ERP Jadi Solusi

 

Efisiensi

ERP adalah sistem yang mengintegrasikan seluruh aspek kerja ke dalam satu perangkat lunak. Efisiensi merupakan manfaat utama dari ERP secara umum dan tentunya berpengaruh terhadap pengelolaan SDM. Dengan memilih modul HR dari ERP, perusahaan Anda bisa meningkatkan efisiensi hasil kerja.

Selain itu, manajemen SDM dengan ERP menciptakan unit bisnis yang hemat tenaga dan waktu. Pekerjaan lebih mudah karena cukup memasukkan ke sistem dan akan diolah secara otomatis. Data yang banyak seperti data payroll bulanan, data karyawan, dan lainnya tersaji secara akurat.

 

Memantau Karyawan

Kemampuan perusahaan untuk tumbuh tergantung pada seberapa baik kualitas SDM yang ada. Strategi pengembangan bisnis bisa tercapai dengan baik sejalan dengan kualitas SDM yang baik. Sistem ERP menggunakan laporan dengan analitik akurat yang dapat mendeteksi data.

ERP akan memastikan bahwa data yang dihasilkan adalah data real-time. Selain itu, laporan-laporan tersebut dihasilkan dengan sangat akurat, sehingga membantu direksi perusahaan mengambil keputusan untuk memajukan bisnis melalui laporan pengelolaan SDM yang dihasilkan ERP.

 

Menjamin Keamanan Data Karyawan

Sistem ERP tentunya memiliki firewall untuk mengantisipasi dan mencegah pelanggaran data. Semua data disimpan dalam sistem pusat, sehingga hanya beberapa orang yang dapat membuka jalur akses dan sisanya hanya dapat memantau. Manajer SDM mengatur akses data penting agar hanya dapat diakses oleh departemen HR dan beberapa eksekutif.

Selain itu, administrator juga dapat menghentikan akses bagi karyawan yang mungkin akan berhenti serta memberikan akses baru kepada karyawan yang baru saja bergabung dengan perusahaan.

 

Mempermudah Memilih Kandidat 

ERP juga membantu organisasi mengotomatiskan proses pencarian SDM. Sistem ERP yang dikustomisasi bisa diatur untuk menemukan kandidat yang tepat. Dengan menggunakan sistem ERP, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi. Terlebih lagi, proses rekrutmen membutuhkan waktu dan tenaga yang tinggi.

Sistem ERP Folarium memiliki kemudahan kustomisasi tersebut. Fitur seperti e-recruitment dapat dilengkapi dengan psikotes online dan fitur rekrutmen online lainnya. Dengan Folarium ERP, Anda tidak hanya mendapatkan fitur manajemen SDM namun juga keseluruhan dari perekrutan karyawan.

 

Konsep ERP pada dasarnya adalah meningkatkan produktivitas dan manajemen kerja di perusahaan. Dari manfaat tersebut, Anda juga bisa mengoptimalkan manajemen SDM di perusahaan. Terutama jika perusahaan Anda sudah kesulitan dalam melakukan pengaturan SDM.

 

Reference :

Keyword :

Scroll to Top