https://folarium.co.id/manfaat-dan-implementasi-erp-untuk-iso-27001

Manfaat Dan Implementasi ERP Untuk ISO 27001

Tahukah Anda bahwa investasi yang dilakukan oleh bisnis dapat memberikan pengembalian berkali-kali lipat. Investasi yang juga menguntungkan bagi perusahaan adalah sertifikasi ISO 27001. ISO 27001 adalah standar internasional yang berisi persyaratan untuk mengelola keamanan informasi dalam sebuah perusahaan.

Dalam ISO 27001, perusahaan diharuskan untuk mengembangkan, menerapkan, memelihara kerahasiaan, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi dalam konteks organisasi. Selain hal tersebut, beberapa pembahasan lebih lanjut bisa Anda baca di artikel ini.

Manfaat Dan Konsekuensi Dari Sertifikasi ISO 20000

Keuntungan yang Didapatkan

Perusahaan akan menerima keuntungan sebagai berikut:

  1. Menunjukkan Tata Pengelolaan Perusahaan

    Jika perusahaan Anda bersertifikat ISO 27001, berarti perusahaan Anda telah menunjukkan tata kelola yang baik dalam menangani informasi. Selain itu, perusahaan Anda juga dianggap telah mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di suatu negara. Contoh dalam UU ITE dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor Tahun 2016 terkait sistem manajemen keamanan informasi.

  2. Perusahaan Memelihara Keamanan Informasi

    Sertifikasi ini berkaitan dengan pengembangan, pemeliharaan, dan menjaga keamanan informasi perusahaan. Standarisasi tersebut membuat perusahaan terbukti telah memiliki ketersediaan informasi dalam hal ini. Perusahaan juga terbukti telah mampu mengendalikan risiko keamanan pada perusahaan Anda.

  3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

    Ketika bisnis Anda bersertifikat ISO 27001, itu bisa menjadi penilaian tambahan dari pelanggan. Karena kepemilikan ISO 27001 dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, terutama pelanggan yang sangat sadar akan keamanan informasi mereka.

  4. Menekan Pengeluaran

    Salah satu tujuan dari sertifikasi ini adalah untuk mencegah terjadinya kebobolan keamanan informasi. Dimana setiap kejadian, besar atau kecil, membutuhkan biaya. Mencegah hal ini akan menghemat banyak uang bagi bisnis Anda. Kemudian biaya investasi ISO 27001 jauh lebih rendah daripada penghematan dana keamanan informasi perusahaan.

  5. Citra Perusahaan

    Citra perusahaan Anda tentu akan tumbuh baik. Di sisi ini, perusahaan memiliki competitive advantage dan unggul dari pesaing. Terutama, di masa kini orang-orang mulai menyadari pentingnya keamanan informasi. Perusahaan Anda tentu akan memberikan persepsi yang baik dari pelanggan maupun klien.

Penggunaan ERP sebagai Upaya Mencapai Sertifikasi

Sistem ERP terdiri dari proses otomatisasi sistem di perusahaan. Sistem dapat digunakan bersama oleh seluruh departemen. Seluruh pihak terkait dalam perusahaan bisa mengakses data yang sama dalam satu waktu tanpa perlu mendistribusikannya secara manual.

Keamanan data perusahaan akan terjamin dengan penggunaan ERP. Meskipun mempermudah akses, solusi ERP yang baik juga memberikan keamanan data yang tinggi.

Dengan mempermudah manajemen di perusahaan, sertifikasi ini akan lebih mudah tercapai. Keamanan data dengan implementasi ERP berarti sejalan dengan keamanan informasi yang tercantum pada standarisasi ISO 27001.

Pemilihan vendor yang tepat adalah perhatian utama. Salah satu penyedia ERP dengan pelayanan lengkap adalah Folarium ERP. Fitur yang disediakan akan membantu perusahaan Anda mencapai sertifikasi serta keamanan data perusahaan Anda akan terjamin.

Itu lah beberapa hal yang bisa Anda ketahui tentang sertifikasi ISO 27001. Perusahaan tentu membutuhkan keamanan informasi sekarang. Sertifikasi ini akan membantu Anda menjadi perusahaan yang dipercaya oleh pihak lain.

Keyword :

Scroll to Top