https://folarium.co.id/manfaat-dan-konsekuensi-dari-sertifikasi-iso-20000

Manfaat Dan Konsekuensi Dari Sertifikasi ISO 20000

ISO 20000 adalah standar untuk sistem manajemen teknologi informasi (TI). Standar ini dikembangkan sebagai proyek International Organization for Standardization (ISO). Tujuannya adalah untuk membuat semua organisasi berbasis TI untuk menerapkan praktik terbaik sesuai standar. 

Standar tersebut secara khusus menetapkan persyaratan bagi lembaga penyedia layanan TI untuk merencanakan, mengkonfigurasi, menerapkan, mengoperasikan, memantau, memeriksa, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen layanan TI sesuai ketentuan.

 

Baca juga: Hubungan ISO 9001 Dengan Sistem ERP

Manfaat

Beberapa manfaat yang diperoleh ketika mendapatkan sertifikasi ISO 20000 adalah:

 

 

  • Komitmen Peningkatan Layanan

Komitmen perusahaan atau lembaga untuk meningkatkan layanan TI tercermin dalam sertifikasi ISO 20000. Dengan menerapkan sistem manajemen layanan TI yang baik, Anda dapat meningkatkan kualitas layanan institusi Anda, mengurangi biaya yang dihasilkan oleh proses TI, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi risiko yang sangat berisiko. 

 

  • Kredibilitas dan Daya Saing

Dengan menerapkan ISO 20000, kredibilitas perusahaan akan unggul karena telah mengadopsi standar yang diakui secara internasional untuk manajemen layanan TI. Kredibilitas tersebut akan meningkatkan keunggulan kompetitif karena dapat bersaing dengan pesaing yang jauh lebih besar, serta mendapat pengakuan dan peningkatan citra.

 

  • Keperluan Audit

Audit adalah evaluasi dari sebuah organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit dilakukan oleh pihak yang kompeten, objektif dan tidak memihak, yang disebut auditor. Sertifikat ISO 20000 dapat membuktikan kepada auditor bahwa layanan TI dikelola dengan baik dan kualitasnya dapat diterima oleh pengguna. 

 

  • Kepatuhan Lembaga

Memenuhi sertifikasi ISO 20000 berarti mengimplementasikan standarisasi yang ada pada lembaga atau perusahaan TI. Dengan menerapkan sertifikasi ini, pelanggan akan mengetahui bahwa lembaga Anda bisa diandalkan dan mematuhi kepatuhan hukum (misalnya tentang keamanan).

 

  • Produktivitas

Adanya sertifikasi ini akan membantu tim manajemen TI secara keseluruhan. Kejelasan pada pelayanan TI sesuai standar akan membantu peningkatan produktivitas.

 

Konsekuensi

Adapun beberapa konsekuensi yang harus dihadapi perusahaan dalam menerapkan ISO 20000 dan harus dipersiapkan.

 

  • Biaya

Sertifikasi ini membutuhkan biaya yang tidak murah. Namun hasil yang didapatkan pun sepadan dan menguntungkan perusahaan.

 

  • Pertimbangan

Harus ada pertimbangan matang dari setiap aspek dalam departemen yang berkaitan. Pada pertama kali perencanaan, usaha besar diperlukan agar sertifikasi berjalan tidak setengah-setengah serta mendatangkan hasil optimal.

 

  • Komitmen

Bukan hanya sekedar sertifikasi, ISO 20000 akan memberikan citra perusahaan sebagai lembaga yang reliable. Dengan begitu, komitmen untuk menerapkan dan mengimplementasikan sertifikasi ini harus dicapai dengan baik.

 

Sertifikasi ISO 20000 membutuhkan banyak upaya oleh semua komponen manajemen layanan TI organisasi. Kesuksesan perusahaan Anda akan ditentukan bersama. Setiap orang atau pihak terkait memberikan kontribusi bagi keberhasilan sertifikasi.

Keyword :

Scroll to Top