https://folarium.co.id/peran-penting-web-developer-dalam-it-project

Peran Penting Web Developer Dalam IT Project

Proyek IT memiliki berbagai jenis skala, dari yang kecil hingga yang besar. Dari keseluruhan tim proyek, tentunya para pekerja profesional termasuk web developer adalah posisi esensial di dalam proyek. Selain Peran dari Manajer Proyek IT, web developer memiliki peran yang tak kalah penting. Berikut ini adalah penjelasannya.

 

Baca juga: Definisi Dan 5 Siklus dalam IT Project Management

 

Apa Itu Web Developer?

Web developer adalah pekerjaan yang dilakukan di belakang layar dengan tujuan membuat situs web yang bisa bekerja dengan cepat. Web developer fokus untuk membuat website lancar digunakan serta memberikan user experience tertata. Tugas utamanya adalah merencanakan pembuatan website, mengetes website, dan memperbaiki jika terdapat celah di website tersebut.

Posisi ini dikategorikan menjadi 3 kategori berdasarkan jenis pekerjaan web developer. Pembagian tersebut meliputi:

 

  • Front-end developer: bertugas untuk mendesain interface situs agar memiliki tampilan yang mudah digunakan
  • Back-end developer: bertanggung jawab atas server dan menjaga kecepatan website tetap stabil
  • Full stack developer: bertugas mengerjakan apa yang dikerjakan front-end dan back-end developer

 

Apa Itu IT Project?

Singkatnya, IT project adalah project yang dijalankan perusahaan yang berkaitan dengan IT seperti infrastruktur teknologi, sistem yang digunakan perusahaan, dan lainnya. IT project membutuhkan manajemen yang baik dan tim yang lengkap. IT project management adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pendefinisian tanggung jawab untuk mencapai tujuan spesifik teknologi informasi organisasi. 

Manajemen ini mencakup pemantauan perangkat lunak, pemasangan perangkat keras, peningkatan jaringan, proyek cloud dan virtualisasi sistem, analisis bisnis dan proyek manajemen data, serta implementasi layanan IT. Karenanya, project IT membutuhkan tim dari berbagai posisi IT. Beberapa posisi tersebut meliputi project manager, system analyst, quality assurance, web developer, UI/UX designer, dan mobile/desktop engineer.

 

Peranan Web Developer di Dalam IT Project

Back-end developer adalah web developer yang memiliki peran paling besar dalam IT project. Tugasnya dalam project adalah membangun back-end yang solid dan mengimplementasikan database serta proses bisnis yang disediakan oleh system analyst. Web developer biasanya membuat keputusan bersama dengan tim dalam mengembangkan aplikasi dan sistem.

Peranan lainnya adalah menyesuaikan tampilan web yang dibuat oleh front-end designer. Tugas tersebut mencakup penyediaan layanan web agar bisa digunakan oleh desktop atau mobile apps developer. Dalam struktur tim project sendiri, web developer berada dibawah pengawasan project manager

 

IT project akan berhasil jika memiliki tim yang bisa menunjang project itu sendiri. Peran dari masing-masing posisi akan menentukan berjalannya project. Selain itu, Inisiasi Project IT juga penting agar project terencana dan berjalan sesuai timeline



Reference :

Keyword :

Scroll to Top