https://folarium.co.id/perbedaan-on-premise-erp-dan-cloud-erp

Perbedaan On Premise ERP Dan Cloud ERP

Banyak perusahaan besar maupun menengah sudah menggunakan sistem ERP agar memudahkan dalam mengelola bisnis. Umumnya, sistem ERP digolongkan dalam kategori ERP on premise dan ERP cloud. Tentunya kedua jenis sistem ERP ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Simak beberapa perbandingan berikut.

 

Baca juga:  6 Modul Utama ERP Yang Penting Untuk Perusahaan Anda

 

 

  • Budgeting

On premise ERP lebih hemat biaya untuk penggunaan yang berkelanjutan meskipun di awal harus mengeluarkan budget besar. Sistem ERP di tempat biasanya memerlukan biaya yang lebih tinggi karena investasi jangka panjang dalam pembelian dan pengelolaan perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan. 

Sedangkan cloud ERP membutuhkan budget untuk penggunaan dan lisensi untuk jangka waktu tertentu. Biaya awal ERP berbasis cloud biasanya lebih rendah karena Anda hanya perlu membayar setelah mengimplementasikan software yang kemudian diakses menggunakan koneksi internet.

 

  • Implementasi

Perbedaan terbesar antara kedua sistem ini terletak pada implementasinya. ERP on premise di-install secara lokal di komputer dan server perusahaan Anda. Sedangkan untuk ERP berbasis cloud, akan di-hosting server penyedia dan diakses melalui situs web. 

 

  • Penyesuaian Solusi 

Menerapkan ERP on premise memerlukan investasi dalam sumber daya IT seperti perangkat keras, software, administrator sistem, network engineer, operator entri data, dan data administrator. Ini juga mencakup biaya pemeliharaan dan upgrade berkala.

Sementara, jika perusahaan Anda tidak memiliki jumlah besar untuk investasi awal, sistem ERP berbasis cloud lebih baik. Satu-satunya investasi yang diperlukan untuk ERP berbasis cloud adalah ruang kerja untuk entri data dan koneksi internet berkecepatan tinggi yang aman.

 

  • Keamanan

Keamanan data merupakan aspek penting bagi perusahaan. Keamanan data memang adalah suatu keharusan dan dijamin oleh penyedia ERP berbasis cloud. Tetapi jika perusahaan Anda tidak dapat mengambil risiko, ERP on premise lebih baik. Karena semua data dikelola oleh perusahaan di server maupun komputer mereka sendiri. Oleh karena itu, risiko keamanan data sepenuhnya berada dibawah server perusahaan.

 

  • Pemeliharaan Software

Pada ERP on premise, perusahaan biasanya perlu mempekerjakan administrator IT saat sistem perlu diperbarui. Ketika vendor ERP memberikan pembaruan baru, implementasi sebelumnya akan dihapus dan tim IT perlu menyesuaikannya kembali.

Pengguna ERP berbasis cloud biasanya menerima pembaruan rutin sebagai bagian dari peningkatan berkelanjutan yang terkait dengan sebagian besar sistem. Dengan cara ini, Anda  selalu memiliki akses ke fitur-fitur terbaru tanpa harus meminta developer untuk memperbarui sistem Anda. 

 

Tabel perbandingan:

Aspek

On Premise ERP

Cloud ERP

Budget

Membutuhkan budget awal yang lebih besar untuk jangka panjang

Membutuhkan budget awal yang lebih rendah namun dalam periode tertentu

Implementasi

Dipasang secara lokal di komputer perusahaan Anda

Di-hosting oleh penyedia ERP dan dapat Anda akses melalui internet

Solusi

Lebih menyeluruh

Terbatas

Keamanan

Data sepenuhnya berada di bawah server komputer perusahaan

Dengan penjaminan keamanan melalui server yang disediakan

Pemeliharaan 

Membutuhkan administrator IT perusahaan untuk melakukan upgrade berkala

Sudah menerima upgrade berkala tanpa membutuhkan developer

 

Hybrid ERP

Dari kedua kategori ERP diatas, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan hybrid ERP yang menyediakan keduanya. Perusahaan yang menggunakan instalasi ERP on premise dapat mengadopsi model hybrid untuk pengembangan dan modul tambahan.

Anda dapat mempertahankan ERP on premise yang ada dan menggunakan model ERP cloud untuk fungsionalitas tambahan tanpa mengganggu model yang ada. Pilih penyedia ERP dengan layanan yang aman dan lengkap di berbagai model seperti halnya yang disediakan oleh Folarium. Anda bisa memilih dengan bebas sebagaimana solusi ERP yang disediakan pun lengkap sesuai kebutuhan perusahaan.

 

Keyword :

Scroll to Top