5 Manfaat Implementasi ERP Untuk UMKM
5 Manfaat Implementasi ERP Untuk UMKM

10 Juni 2024 08:30 879 Share

Sejauh ini, penggunaan software ERP biasa digunakan oleh perusahaan besar dan menengah. Tak heran, selain peralatannya rumit, budget yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Tetapi, apa tidak mungkin jika digunakannya ERP untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)? 

UMKM dengan skala tertentu dengan omset tinggi sebenarnya dapat memanfaatkan teknologi ERP demi mendukung dan mengelola proses usahanya. Software ERP untuk UMKM dikembangkan dengan layanan yang relatif sederhana. Hal ini terlihat pada fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis menengah.

Secara umum, fasilitas atau layanan yang ditawarkan antara lain: catatan database karyawan, pemasok dan pelanggan, database barang, penjualan dan pembelian, buku besar dan akuntansi Tahunan. Lalu apa saja manfaat ERP bagi pengusaha UMKM?

1. Kemudahan Mengontrol Bisnis

Penggunaan ERP akan memberikan kemudahan usaha Anda karena Anda dapat mengontrol laporan penjualan untuk menyimpan barang secara akurat dan real time serta memudahkan dalam pengecekan laporan penjualan dan inventaris. Setiap pengelolaan barang keluar masuk sampai pada pemantauan akan berjalan lebih akurat dan meminimalisir kesalahan.

2. Memudahkan Penambahan dan Pengurangan Item Barang

Jika skala penjualan UMKM Anda sudah cukup tinggi dan Anda masih menggunakan cara manual, Anda harus membuat laporan penambahan barang secara terpisah. Hal ini akan memakan waktu dan berpotensi terjadinya kesalahan input. Dengan aplikasi ERP, Anda bisa mengisi laporan penambahan barang secara praktis. Cukup gunakan satu aplikasi dengan satu akun saja.

3. Bisnis Akan Semakin Efisien

Penggunaan ERP akan mencakup manajemen rantai suplai,manajemen hubungan pelanggan, manajemen siklus produksi, sampai manajemen keuangan. usaha Anda akan memperoleh peningkatan produktivitas dengan efisiensi yang diciptakan dari aplikasi ini. Anda bisa tetap memuaskan permintaan pelanggan dengan kemampuan respon yang cepat. 

Saat urusan bisnis pada usaha Anda berjalan cepat, Anda juga cepat dalam pengambilan keputusan. Pastikan Anda memilih penyedia ERP dengan fitur-fitur lengkap, agar efisiensi tersebut optimal. Folarium menyediakan fitur yang lengkap dan harga terjangkau sehingga dapat meningkatkan efisiensi kegiatan usaha Anda.

4. Penyajian Data yang Tertata

Seluruh status transaksi lengkap dicatat pada platform ERP secara detail dan terkini, dari pemesanan hingga penerimaan barang. Selain itu, ERP dilengkapi dengan pencetakan invoice dan laporan penerimaan barang. Seluruh kegiatan tersebut sudah ada dalam fitur cetak faktur dan laporan penerimaan barang dalam ERP sehingga penyajian data menjadi lebih praktis.

5. Laporan Lebih Transparan dan Mudah Diakses

Pemilik usaha juga dapat melihat laporan secara online dan memantaunya dari ponsel. Layanan ERP ini dirancang untuk akses real time oleh pengguna yang terhubung ke Internet. Dengan cara ini, informasi mengenai usaha Anda tersedia kapan saja, di mana saja. Laporan yang akurat membuat Anda bisa memantau secara penuh hasil pekerjaan dari seluruh pegawai Anda.

Pertimbangan untuk menggunakan ERP untuk UMKM memang terkadang sulit. Namun, pahamilah bahwa biaya yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat yang  diperoleh. ERP adalah sistem informasi strategis yang bisa digunakan sampai jangka panjang.

Biaya yang terlibat sangat tinggi, tetapi ada manfaatnya dapat dirasakan hingga waktu yang lama. Pemilihan ERP berbasis cloud (SaaS) juga bisa menjadi pilihan karena biaya awalnya masih cukup terjangkau. 

Masih ragu akan kebutuhan ERP untuk perusahaan Anda? Baca juga 4 Tanda Bisnis Anda Membutuhkan ERP 
Whatsapp Folarium
Page loaded in 2.36917 seconds