Contoh Penerapan ERP Oleh 6 Perusahaan Besar Di Indonesia
Contoh Penerapan ERP Oleh 6 Perusahaan Besar Di Indonesia

04 Feb 2022 08:45 15.720 Share

Hingga saat ini, terdapat ratusan perusahaan di Indonesia yang menggunakan software ERP sebagai sistem manajemen utama mereka. Beberapa diantaranya adalah perusahaan ternama dengan produk yang pasti pernah Anda gunakan. Di bawah ini adalah contoh penerapan ERP oleh beberapa perusahaan terbesar di Indonesia.

Baca juga: Tips Membandingkan Biaya Software ERP

  

1. PT Telkomsel

Perusahaan jaringan ini sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 1995 dan menjadi salah satu yang terbesar. Perusahaan ini menggunakan ERP sejak tahun 2002. Sistem yang dipilih Telkomsel adalah SAP R/3 Enterprise.

Penerapan modul ERP di Telkomsel telah memberi keuntungan berupa data forecasting dan analisis konsumen yang lebih akurat, integrasi yang baik antara pelanggan dan vendor, memangkas jumlah karyawan, memudahkan proses audit, serta pengelolaan 178 juta pelanggan dengan 146 ribu BTS yang terus bertambah setiap tahunnya.

2. PT Semen Gresik

Semen Gresik adalah perusahaan ternama dalam menghasilkan semen berkualitas tinggi di Indonesia sejak 1957. Sistem ERP yang digunakan telah mempermudah proses produksi dan penjualan perusahaan ini.

Semer Gresik menggunakan ERP sejak tahun 2001, diawali dengan implementasi modul finance. Hingga saat ini, mereka sudah menggunakan sistem ERP untuk mengelola manufaktur di 2 pabrik, 23 gudang, 120 distributor, dan 40 ekspeditur. Sistem yang digunakan Semen Gresik adalah ERP JD Edwards.

3. PT Belfoods

Perusahaan di Bogor ini merupakan salah satu produsen makanan cepat saji terbesar di Indonesia. Berlokasi di Bogor, daerah pabrik Belfoods sering mengalami pemadaman listrik bergilir sehingga di awal-awal memiliki banyak pertimbangan dalam penerapan sistem ERP.

Namun kini Belfoods sudah menggunakan ERP dari SAP untuk kestabilan sistem. Proses pembelian dan distributor terkendali dengan baik, menjadi salah satu manfaat ERP yang perusahaan ini rasakan.

4. PT Wismilak Inti Makmur

Perusahaan rokok terbesar di Indonesia ini menerapkan sistem ERP sebagai solusi manajemen bisnisnya. Penerapan ERP awalnya dilakukan sebagai solusi permasalahan tim divisi IT.

Kini, seluruh aktivitas produksi hingga distribusi sudah tercatat dan terintegrasi. Manfaat lainnya yang diraih perusahaan ini adalah kemudahan tim pusat dalam memutuskan strategi baru. Sistem ERP yang digunakan Wismilak berasal dari SAP.

5. PT Indofood

Indofood adalah perusahaan mie instan terbesar di dunia dengan 8 miliar mie per tahun yang harus didistribusikan. Memiliki 14 pabrik yang beroperasi di Indonesia, China, dan Nigeria, ERP menjadi faktor penting dalam menjalankan perusahaan.

Sistem yang diadopsi oleh Indofood adalah SAP R/3 versi 4.6C yang disediakan SAP Service. Implementasi ERP bermanfaat dari mulai penyesuaian production plans ketersediaan setiap aspek makanan yang mereka produksi hingga pengelolaan kondisi inventory di gudang.

6. PT Pertamina 

Perusahaan minyak dan gas BUMN ini berdiri sejak tahun 1957 dan menggunakan ERP sejak tahun 2005. Sistem yang digunakan adalah SAP R/3.

Beberapa manfaat implementasi ERP di Pertamina adalah keselarasan business process, people and IT, pengembangan sistem, pemanfaatan project management dan kesesuaian company's direction dengan IS direction.

Itu dia beberapa contoh penerapan ERP oleh perusahaan besar di Indonesia. Implementasi ERP membantu perusahaan memenuhi kepentingan dan dapat memfasilitasi pengambilan keputusan.

Whatsapp Folarium
Page loaded in 97.20206 seconds