Ketahui Bagaimana Sistem ERP Menyederhanakan Proses Bisnis Anda
Ketahui Bagaimana Sistem ERP Menyederhanakan Proses Bisnis Anda

10 Mei 2023 11:23 271 Share

Tuntutan dunia bisnis yang terus meningkat memaksa perusahaan untuk menggunakan teknologi canggih dalam bisnisnya. Salah satu kegunaan utamanya adalah menyederhanakan proses bisnis untuk efisiensi dan efektivitas. Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan solusi untuk kebutuhan bisnis di masa kini sebagaimana ERP menghubungkan semua proses bisnis mulai dari pembelian, gudang, penjualan hingga proses entry data dan laporan lainnya.

Apa Itu ERP?

Enterprise Resource Planning atau ERP adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai fungsi operasional perusahaan. Menerapkan sistem ERP di perusahaan bisa menjadi pekerjaan besar yang bisa memakan waktu yang panjang. Karena kompleksitas dan skala sistem ERP, belum begitu banyak perusahaan yang tertarik dan mampu memanfaatkan berbagai sumber daya untuk mengembangkan sistem ERP mereka sendiri.

Sistem ERP merupakan proses yang digunakan perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasikan bagian-bagian penting dari proses bisnis. Banyak aplikasi perangkat lunak ERP penting bagi bisnis karena membantu mereka menerapkan perencanaan sumber daya dengan mengintegrasikan semua proses yang diperlukan untuk operasi bisnis ke dalam satu sistem. 

Baca juga: Penggunaan Big Data dalam Sistem HR

ERP dalam Memudahkan Bisnis

Sebagai alat yang sangat penting bagi perusahaan untuk mengelola bisnis secara efektif dan efisien. Sistem ini berperan penting dalam akurasi dan integrasi. Dalam memudahkan bisnis, ERP memberikan beberapa manfaat seperti:

  • Meningkatkan Akurasi

Menggunakan sistem ERP dapat membantu meningkatkan akurasi proses bisnis karena ERP akan meminimalkan human error dan mengotomatisasi beberapa proses bisnis yang berulang. Hal ini meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis perusahaan. 

  • Meningkatkan Keamanan Data

ERP memiliki firewall dan kontrol yang ketat terhadap pelanggaran data. Semua informasi disimpan dalam sistem terpusat sehingga titik koneksi dapat dipantau secara ketat dan keamanan terjaga. Di sisi lain, pihak yang bertanggung jawab dalam mengelola data perusahaan dapat menetapkan hak akses terbatas bagi karyawan. 

  • Integrasi Seluruh Departemen

Kehadiran sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk menerapkan integrasi antar departemen dalam proses kerjanya. Hal ini memungkinkan setiap departemen untuk berinteraksi dan berkolaborasi secara lebih efektif, mengurangi terjadinya kesalahan, dan keterlambatan dalam pekerjaan. 

Solusi ERP yang baik dapat diintegrasikan dengan aplikasi pengelolaan SDM, CRM, dan bidang pekerjaan lainnya. Folarium adalah solusi ERP yang bisa Anda implementasikan. Integrasi ke seluruh bidang pekerjaan menjadi manfaat utama yang akan Anda dapatkan sehingga proses kerja menjadi lebih produktif

  • Memudahkan Monitoring

Implementasi ERP juga memungkinkan bisnis untuk memantau dan menganalisis data secara real time, memungkinkan bisnis untuk membuat keputusan lebih cepat dan lebih akurat. Dengan bantuan dalam monitoring pekerjaan, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas dan daya saing di pasar. 

  • Akurasi Perkiraan Bisnis

Laporan sistem ERP menggunakan filter dan analitik canggih yang dapat menyaring ketidakkonsistenan data. Sistem ini juga memastikan bahwa data yang diterima dihasilkan secara real time. Laporan bisnis yang cepat dan akurat membantu pemangku kepentingan membuat keputusan terbaik untuk bisnis mereka. 

Kesimpulan

Dalam bisnis, efisiensi dan efektivitas merupakan hal yang sangat penting dalam bersaing dan mencapai tujuan bisnis. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam operasional perusahaan adalah dengan menggunakan sistem ERP. 

Segera konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda dengan Folarium untuk mengimplementasikan ERP. Folarium memiliki beberapa modul yang akan meningkatkan produktivitas Anda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.



Whatsapp Folarium
Page loaded in 4.76789 seconds