Manfaat ERP Untuk Industri Fintech
Manfaat ERP Untuk Industri Fintech

05 Feb 2024 08:16 350 Share

Fintech adalah perusahaan yang menyediakan solusi keuangan dengan mengandalkan koneksi internet. Industri fintech adalah salah satu industri yang sangat diuntungkan oleh era digitalisasi. Ada lebih dari 6.000 startup fintech di Asia Pasifik. Perkembangannya cukup pesat di seluruh dunia. ERP merupakan sistem manajemen perusahaan yang juga mengandalkan teknologi. Bagaimana ERP bisa mendukung perkembangan industri fintech?

Baca juga: Pentingnya Beralih ke Manajemen Inventaris dengan Cloud

Keuntungan Kompetitif

Penggunaan ERP menyatukan berbagai komponen dalam perusahaan industri fintech. Perusahaan akan memperoleh real time update akan manajemen bisnis. Dalam industri yang berjalan cepat, hal tersebut bisa meningkatkan tingkat kompetitif perusahaan. Terlebih lagi, sekarang persaingan di dunia fintech terbilang sangat ketat. 

Otomatisasi

Meskipun perusahaan di industri fintech unggul dalam mendeteksi kesalahan analisis, terkadang mereka tidak efektif dalam mendeteksi kesalahan internal. ERP dapat menjadi alternatif solusi. ERP menyimpan data perusahaan secara masif, mengolahnya di dalam sistem, serta mengotomatisasi proses kerja. Dengan ERP, kesalahan kecil bisa langsung terdeteksi dan segera dibenahi sebelum masalah semakin besar.

Meningkatkan Komunikasi Internal

Sebagaimana perusahaan semakin berkembang, kebutuhan karyawan baru ikut bertambah. Dalam jangka waktu setahun, perusahaan fintech bisa merekrut puluhan sampai ratusan karyawan. Komunikasi internal seringkali terhambat karenanya. Sistem ERP memungkinkan seluruh karyawan melakukan input data dan proses operasional tercatat secara rapih. Setiap orang bisa mengakses dengan mudah dan akurat.

Menjaga Pelayanan Optimal

Dalam industri fintech, menjaga hubungan dengan pelanggan adalah kunci utama. Keamanan data adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan fintech. Software ERP memiliki fitur keamanan data yang ketat. Selain itu, solusi ERP dapat membantu pengamanan data klien baik itu klien, investor, atau klien B2B.

Fleksibilitas

Perusahaan fintech memiliki kewajiban regulasi di periode waktu tertentu. Anda harus berurusan dengan otoritas dan mengikuti kebijakan lembaga keuangan. Dengan ERP, pelaporan terjadwal dengan baik dan rinci. Departemen yang mengurus data terkait cukup memasukkannya ke dalam sistem. Tentunya, ini membuat kerja lebih fleksibel.

Jika bisnis fintech Anda membutuhkan ERP, pastikan Anda menggunakan sistem yang bisa memenuhi kebutuhan perusahaan. Folarium ERP adalah ERP dengan kemudahan kustomisasi fitur sehingga Anda bebas untuk menentukan fungsional sistem tersebut. Di tengah persaingan ketat perusahaan fintech, Anda akan lebih maju karena optimasi kinerja dengan ERP.

Whatsapp Folarium
Page loaded in 2.79498 seconds