Pahami Mengenai Konsultan ERP Sebelum Implementasi ERP
Pahami Mengenai Konsultan ERP Sebelum Implementasi ERP

16 Mei 2023 10:43 393 Share

Konsultan ERP adalah penyedia layanan profesional yang menawarkan saran tentang penerapan maupun pengelolaan sistem ERP di perusahaan. Software ERP merupakan sebuah sistem untuk mengintegrasikan proses bisnis. Konsultan ERP akan mendukung perusahaan dalam perencanaan, pemilihan, pengenalan dan pengelolaan sistem ERP. Mereka juga menawarkan solusi untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan penghematan melalui sistem ERP yang efektif.

Baca juga: Ketahui Bagaimana Sistem ERP Menyederhanakan Proses Bisnis Anda

Mengapa Butuh Konsultan ERP?

Konsultan ERP adalah orang atau pihak yang benar-benar mengetahui perangkat lunak ERP. Konsultan ERP tidak hanya harus memiliki pengetahuan khusus, tetapi juga ahli dalam penggunaan ERP.

Mengapa Anda butuh konsultan ERP? Ini karena Anda bisa menggali informasi dan meminta saran dalam memilih software ERP yang tepat. Setelah konsultan menganalisis kebutuhan Anda, mereka akan memberikan modul atau menyarankan vendor terbaik agar perusahaan Anda tidak salah memilih sistem ERP.

Jenis Konsultan ERP

Ada beberapa jenis konsultan ERP yang bisa memberikan Anda solusi terkait implementasi ERP. Beberapa jenis konsultan tersebut adalah:

  • Konsultan Bisnis (Fungsional)

Konsultan fungsional biasanya menjadi konsultan implementasi ERP yang pertama kali dihubungi oleh klien. Konsultan ini mengumpulkan informasi tentang kebutuhan Anda sebelum kemudian menganalisisnya untuk memahami proses bisnis sebaik mungkin. Tujuannya adalah untuk mendapatkan spesifikasi proyek yang akan diimplementasikan, melakukan pengaturan yang sesuai, dan merencanakan serta mengontrol pengujian perangkat lunak.

Konsultan ini akan memeriksa proses bisnis perusahaan klien yang diimplementasikan dalam ERP dan mengevaluasi model sehingga solusi yang cocok untuk proses bisnis dapat dikembangkan darinya. 

  • Konsultan Teknis

Konsultan ERP berikut memberi pelanggan dukungan teknis untuk menghilangkan gap. Konsultan teknis juga bertanggung jawab untuk mendefinisikan dan mengimplementasikan solusi ERP yang dibutuhkan oleh klien. Terkait proyek, mereka juga dapat mengambil peran fungsional dalam mendukung konsultan spesialis. Konsultan teknis biasanya mahir dalam satu atau lebih bahasa pemrograman yang masih berkaitan dengan software ERP serta pengembangan interface ke aplikasi lain. 

  • Subject Matter Expert (SME)

SME sebenarnya bukan jenis konsultan yang langsung berperan dalam implementasi ERP. Namun, SME berperan sebagai konsultan eksternal yang juga bekerja untuk klien. Konsultan ini memiliki pengetahuan mendalam tentang referensi ERP dan operasional tertentu. SME akan bertindak sebagai katalisator dan membantu tim konsultan eksternal dalam memahami proses perusahaan yang ada dan implementasi ERP. 

Rekomendasi Konsultan ERP Indonesia

Saat mencari konsultan ERP terbaik di Indonesia, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti pengalaman, keahlian, kredibilitas dan kemampuan komunikasi. Sebagai penyedia sistem ERP, Folarium sudah dipercaya oleh banyak perusahaan dari berbagai industri seperti PT. PKSS, BTN, Bank Jatim, Avo Innovative Technology, LPPI, dan lainnya. Segera hubungi Folarium melalui website atau sosial media dan konsultasikan kebutuhan Anda.

Terlepas dari pentingnya peran konsultan, efektivitas implementasi ERP akan sangat bergantung pada karyawan yang akan menggunakan ERP. Konsultan akan memberikan solusi dan saran pertama.Tentunya jika Anda baru pertama kali menggunakan ERP, konsultan akan sangat membantu bisnis Anda.



Whatsapp Folarium
Page loaded in 2.48814 seconds