Saatnya Lapor SPT Tahunan, Makin Gampang Dengan ERP
Saatnya Lapor SPT Tahunan, Makin Gampang Dengan ERP

15 Feb 2023 09:07 519 Share

Sebagai perusahaan, pembayaran pajak adalah hal yang wajib. Pada umumnya, sistem ERP digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses bisnis. Integrasi tersebut terkait dengan operasi, produksi, sampai pengelolaan SDM di dalamnya. Lalu, bagaimana penggunaan ERP bisa mempermudah laporan pajak online bagi perusahaan?

Baca juga: Cara Praktis Kelola BPJS Kesehatan Karyawan

Kewajiban Lapor SPT Tahunan

SPT tahunan adalah aksi yang dilakukan wajib pajak pribadi yang sudah memiliki NPWP maupun badan untuk melakukan pendapatan yang diterima. SPT tahunan berisi penghasilan final, tarif umum, hingga harta dan hutang piutang sampai akhir periode tahun pajak.

SPT tahunan berfungsi sebagai alat wajib pajak untuk melaporkan jumlah pembayaran pajak yang sebenarnya dalam satu tahun terakhir. Baik bagi individu maupun badan, pelaporan ini diatur oleh peraturan tertulis dengan ketentuannya yang ada dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2007 tentang Syarat dan Ketentuan Umum terkait tata cara perpajakan.

Saat ini, seluruh proses pembayaran pajak sudah semakin mudah. Anda bisa melakukan lapor pajak online dari rumah. 

Mengenal Sistem ERP

Sistem ERP adalah sistem integrasi untuk perusahaan yang dapat mengotomatisasi proses bisnis yang berkaitan dengan operasi, produksi, dan penjualan perusahaan. Proses ini disusun sedemikian rupa sehingga perusahaan dapat bekerja secara efektif dan efisien. 

Konsep Enterprise Resource Planning tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar, tetapi juga oleh perusahaan kecil seperti UMKM menengah. Di dalam sistem ERP ada beberapa modul yang salah satu unggulannya adalah modul HR. 

Dengan modul HR tersebut, perusahaan bisa membayarkan SPT dengan lebih mudah. Ada otomatisasi nominal dimana bagian HR di perusahaan cukup mengisi nominal ke dalam sistem, kemudian perhitungan secara otomatis akan tercatat di dalamnya.

Apa Saja Manfaatnya?

Selain hal yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa manfaat sistem ERP lainnya, yaitu:

  • Biaya yang Lebih Hemat

Sebagian besar kegiatan operasional terintegrasi harus didukung dengan kolaborasi yang baik untuk meminimalkan kesalahan. Oleh karena itu, biaya operasional dapat dihemat karena semua pekerjaan dilakukan secara otomatis. Otomatisasi tersebut dapat Anda dapatkan dengan menggunakan ERP.

  • Meningkatkan Efisiensi

Efisiensi adalah manfaat utama dari sistem ERP. Setiap tugas dilakukan secara otomatis dan real time, mulai dari inventaris, pemberian tugas kepada karyawan, pemrosesan payroll dan pembayaran pajak, laporan keuangan, dan pencatatan waktu. 

  • Integrasi Sistem

Sistem ERP mengutamakan sistem database terpusat sehingga keamanan data lebih baik jika suatu saat data penting hilang. Kehadiran modul dan sub-modul dalam sistem ERP dapat mempermudah setiap komponen bisnis tertentu. Ketika sebuah modul diperbarui, modul lainnya juga akan diperbarui secara otomatis. Human error dapat diminimalkan dengan sistem ERP karena tidak ada duplikasi data. 

Melakukan laporan pajak online adalah kewajiban perusahaan. SPT yang harus dibayarkan setiap tahun akan lebih mudah jika menggunakan sistem ERP dari Folarium. Selain memudahkan pelaporan pajak, perusahaan Anda juga bisa lebih mudah mengelola data dari setiap departemen.

Whatsapp Folarium
Page loaded in 2.86102 seconds