Tips Membandingkan Biaya Software ERP
Tips Membandingkan Biaya Software ERP

02 Feb 2022 09:09 723 Share

Salah satu bagian yang cukup tricky dari memilih sistem ERP adalah membandingkan biaya software ERP dari tiap-tiap vendor. Terutama harga software ERP Indonesia yang beragam. Sebagai perusahaan, terdapat anggaran yang dirancang sesuai dengan seluruh aspek. Selain memahami Faktor Mahal Murahnya Software ERP ada beberapa hal yang bisa Anda bandingan, antara lain:

 Baca juga: 5 Tips Melakukan Training ERP Yang Efektif

  • Fokus pada Aspek yang Dibutuhkan

Salah satu faktor utama sulitnya membandingkan biaya ERP adalah perusahaan tidak memiliki data lengkap tentang kebutuhan ERP. Kemana fokus perusahaan dalam menggunakan ERP?

Banyak vendor akan menawarkan seluruh elemen software yang mereka yakini akan Anda perlukan namun pada akhirnya Anda tidak optimal dalam pemakaiannya atau malah sia-sia. Buatlah daftar cakupan kebutuhan beserta opsionalnya sehingga Anda dapat menghitung biaya dengan rinci.

  • Metode Pengembangan

Metode pengembangan sistem akan memiliki dampak berkelanjutan bagi bisnis Anda. Hal tersebut tentu mempengaruhi biaya software ERP. Untuk perusahaan berskala kecil ke sedang, lebih baik memilih penyedia cloud ERP. Sedangkan bagi bisnis berskala sedang ke besar, Anda bisa memiliki opsi untuk menggunakan on premise ERP atau hybrid.

Coba untuk memilih vendor yang menyediakan kedua jenis ERP. Seperti Folarium yang memberi Anda fleksibilitas dalam memilih software ERP.

  • Bandingkan Rincian Fitur

Harga dari software ERP sangat berhubungan dengan fitur yang disediakan. Biaya yang murah mungkin menarik, namun bisa jadi tidak memiliki fitur lengkap sehingga Anda pada akhirnya mungkin akan membayar lebih banyak. 

Sedangkan harga yang tinggi mungkin lebih aman namun membuat Anda harus membayar lebih dari perencanaan awal. Coba analisa seluruh aspek fitur dari harga yang ditawarkan. 

  • Company History 

Ini berkaitan dengan background penyedia ERP. Anda bisa mencari tahu dari portofolio dari beberapa vendor tersebut dan beberapa kliennya. Hal tersebut dapat berfungsi untuk menambah kepercayaan sebagai klien. 

Itu lah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangan saat merencanakan agenda pengeluaran biaya software ERP. Perhatikan bahwa menggunakan ERP akan membutuhkan jangka panjang sehingga Anda harus teliti.

Whatsapp Folarium
Page loaded in 2.81811 seconds