Tren Fitur ERP Untuk Menunjang Kebutuhan Terkini Perusahaan
Tren Fitur ERP Untuk Menunjang Kebutuhan Terkini Perusahaan

21 Mar 2023 09:20 375 Share

Dalam menghadapi transformasi digital, banyak perusahaan mulai menyadari pentingnya ERP dan tren perangkat lunak yang terus berkembang. Memahami bagaimana ERP membantu produktivitas perusahaan Anda, tren yang ada dalam fitur ERP untuk menunjang kebutuhan perusahaan pun berubah-ubah sesuai dengan keadaan bisnis secara umum. Artikel ini memberikan informasi tentang cara memprediksi tren ERP tahun ini agar bisnis Anda tetap kompetitif.

Baca juga: Ketahui Faktor yang Mempengaruhi Harga Aplikasi ERP

 

Mengapa Harus Menggunakan ERP?

Agar perusahaan selalu siap menghadapi perubahan pasar, perusahaan juga harus mengimplementasikan dan memperbaharui aplikasi ERP yang digunakan. Up to date aplikasi ERP akan memberi perusahaan pilihan fungsi terbaru, meningkatkan keamanan informasi, serta koreksi atas kesalahan yang ada. Dan bagi perusahaan yang ingin mengimplementasikan aplikasi ERP, Anda harus mempelajari konfigurasi yang paling sesuai dengan bisnis Anda. 

Perusahaan skala besar, menengah, sampai bisnis UMKM banyak yang kini menyadari pentingnya implementasi ERP. Kemudahan sentralisasi sistem memberikan banyak manfaat yang akan meningkatkan produktivitas bisnis. Jika Anda menginginkan kemajuan bisnis yang terus berkembang seiring era digitalisasi, ERP adalah solusinya.

Tren Fitur ERP Bisnis

Beberapa tren fitur ERP penunjang bisnis adalah sebagai berikut.

1. Server Cloud

Mulai tahun 2020, adopsi layanan cloud di beberapa industri telah melampaui ekspektasi. Bisnis yang beralih ke telecommuting dan mempertahankan produktivitas sebelum pandemi mulai perlu segera diimplementasikan. Akhirnya, perusahaan beralih ke model penyimpanan cloud, dan solusi utamanya adalah menggunakan ERP.

Beberapa perusahaan berfokus pada mengoptimalkan lingkungan cloud mereka setelah menjelajahi berbagai solusi cloud. Sistem ERP yang menggunakan server cloud memiliki keunggulan dalam sistem penyimpanan yang lebih aman, mudah digunakan seluruh departemen. 

2. Mobile Access

Saat ini, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan ponsel daripada komputer untuk melakukan berbagai aktivitas. Ini juga berlaku untuk perusahaan yang lebih mengandalkan aplikasi seluler. Selain itu, perangkat seluler telah terbukti memiliki dampak nyata pada produktivitas secara keseluruhan.

Solusi pengelolaan sumber daya dengan menggunakan aplikasi ERP saat ini membutuhkan akses yang dapat dilakukan dari perangkat yang berbeda. Oleh karena itu, salah satu karakteristik aplikasi ERP perusahaan adalah mobile access friendly. Aplikasi ERP yang dapat diakses secara mobile pasti memiliki prioritas yang lebih tinggi, terutama untuk analisis dan perencanaan data.

3. Integrasi Internet of Things (IoT)

Agar bisa tetap kompetitif di era digital, perusahaan harus memiliki strategi pengumpulan data yang efektif dimana hal ini bisa terwujud dengan pemanfaatan sistem ERP. Di masa kini, Internet of Things (IoT) memudahkan pengumpulan data dengan sangat optimal. Keuntungan dari integrasi IoT secara signifikan adalah mengurangi biaya pengumpulan data dan pemantauan sistem. Solusi nirkabel seperti IoT seharusnya lebih murah dan lebih mudah digunakan. 

4. Penawaran Update Keamanan dan Perbaikan

Manajemen sumber daya berbasis sistem memiliki keunggulan dalam hal efisiensi, efektivitas, dan keamanan. Apalagi jika sistem yang digunakan berbasis cloud. Di era yang serba digital, serangan terhadap keamanan sistem semakin meningkat, terutama pada sistem yang mengandalkan internet.

Aplikasi ERP berbasis cloud yang menawarkan pembaruan sistem secara berkala memiliki keunggulan yang utama. Pembaruan ini biasanya menawarkan fitur terbaru, maintenance sistem, dan juga pembaruan dari sudut pandang keamanan yang tentu saja akan menjamin keamanan data perusahaan Anda. 

Kelengkapan Fitur dari Folarium

Fitur-fitur di atas dapat dijadikan pertimbangan oleh suatu perusahaan sebelum mengimplementasikan sistem ERP untuk pertama kali di suatu perusahaan. Selain itu, fitur tersebut bisa berguna untuk perusahaan yang menggunakan aplikasi ERP namun ternyata tidak mendapatkan fitur-fitur diatas. Pertimbangan penting di atas sangat berfungsi dalam implementasi ERP terbaik sesuai dengan tren. 

Sebagai penyedia aplikasi ERP terbaik, Folarium hadir sebagai solusi enterprise yang optimal dalam setiap modul. Berbagai manfaat dan fitur yang ditawarkan oleh Folarium dapat membantu organisasi Anda meningkatkan efisiensi proses bisnis secara efektif dan akurat. 

 

Whatsapp Folarium
Page loaded in 2.82216 seconds