28 Jan 2022 09:07 1.317 Share
Salah satu hal terpenting dalam menjalankan suatu bisnis adalah menciptakan produk terbaik. Namun, memuaskan para konsumen juga tidak kalah penting. Oleh karena itu, Anda harus mengenal customer value dalam dunia marketing. Pentingnya customer value dapat Anda rasakan karena memudahkan dalam menentukan harga sampai memenangi persaingan dengan kompetitor Anda.
Baca juga: Manfaat Absensi Online Dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja
Apa Itu Customer Value?
Customer value merupakan aspek penting yang harus ada untuk keberhasilan bisnis. Ketika menjalankan bisnis, kesuksesan harus diukur tidak hanya dengan jumlah penjualan atau penjualan, tetapi juga dengan penilaian pelanggan.
Customer value adalah manfaat yang didapatkan pelanggan dari produk/jasa Anda, baik berwujud atau tidak berwujud. Dengan informasi customer value, Anda dapat dengan mudah menentukan tingkat kepuasan para konsumen sehingga mudah juga dalam menentukan harga.
Pentingnya Customer Value
Dalam memahami customer value konsumen Anda, Anda juga butuh Customer Value Management (CVM) untuk mengelola nilai dari setiap konsumen Anda. Lalu, apa pentingnya customer value itu sendiri?
-
Membantu Konsumen Memahami Value Anda
Selain Anda dapat mengetahui nilai-nilai yang didapatkan konsumen, Anda juga bisa membuat para konsumen mengerti nilai dari produk Anda. Nilai produk yang Anda berikan kepada konsumen pasti dibuat oleh semua sumber daya yang Anda miliki.
Oleh karena itu, sangat penting untuk menjelaskan nilai tambah produk kepada calon pelanggan. Target konsumen Anda bisa lebih memahami dan mengetahui nilai tambah dari produk Anda dan mengapresiasinya bahkan melakukan pembelian ulang.
-
Memberikan Pandangan Customer
Pandangan dari konsumen dapat digunakan untuk mempertahankan mereka. Tujuan utama dari pandangan konsumen adalah untuk memahami mengapa konsumen menyukai suatu merek serta bagaimana pendapat mereka, suasana hati, motivasi, keinginan, aspirasi, dan sikap yang mendasari perilaku pembelian.
-
Mencapai KPI
KPI (Key Performance Indicators) merupakan hal penting dalam pemasaran. Customer value dapat membantu menghubungkan target KPI dan kebutuhan pelanggan. Caranya dengan mengukur faktor-faktor yang mendorong perilaku pembelian dan melihat metrik seperti pangsa pasar, laba rugi, ROI, dll.
-
Meningkatkan Marketing
Customer value yang dikelola dengan baik menggunakan teknik CVM akan membantu pemasar mendapatkan lebih banyak prospek yang cenderung akan membeli. Ini juga memberikan insight untuk membuat konten pemasaran yang efektif. Anda bisa lebih mudah membuat studi kasus berdasarkan hasil tinjauan pelanggan dan menambahkan kredibilitas produk Anda untuk setiap pengguna.
Dengan memahami dan mengenali customer value, Anda dapat memperoleh keuntungan dengan harga produk Anda yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu Anda bisa lebih mudah mendapatkan konsumen terutama di era yang lebih kompetitif ini.