5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Chatbot

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Chatbot

07 Des 2023 08:40 920 Share

Penggunaan teknologi chatbot sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis. Chatbot dapat digunakan untuk membantu para customer service dalam menjalankan aktivitasnya. Berikut ini 5 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat chatbot untuk usaha Anda.

Baca juga: Kenali Cara Kerja Dan Manfaat Teknologi Chatbot

1. Pahami Fokus dari Fungsinya

Chatbot biasanya memiliki dua fungsi utama untuk bisnis. Yang pertama adalah layanan percakapan otomatis dan untuk kebutuhan fungsional. Fungsi percakapan otomatis digunakan oleh sebagian besar bisnis.

Sedangkan untuk fungsional, dibutuhkan pengembangan chatbot yang lebih kompleks dan spesifik sehingga membutuhkan infrastruktur yang lebih rumit pula. Cocokkan dengan bisnis Anda dan sesuaikan dengan fungsi apa yang ingin Anda dapatkan.

2. Tentukan Platform yang Digunakan 

Berbeda platform, maka butuh cara membuat chatbot yang berbeda. Cara penyampaian pesan pun harus disesuaikan berdasarkan perilaku pengguna secara umum dan target audiens Anda.

Apakah Anda akan menggunakan WhatsApp Business, Facebook, atau layanan chat dari website Anda. Setiap platform tentu memiliki karakteristik pengguna yang berbeda-beda.

3. Tentukan Informasi yang Akan Disajikan 

Jangan lupa untuk menentukan informasi dan fungsi  yang akan Anda sajikan di chatbot bisnis Anda. Jika Anda memilih untuk menggunakan chatbot bisnis sebagai layanan pelanggan, Anda bisa membentuk daftar FAQ atau informasi lain yang dapat membantu konsumen.

Anda juga perlu untuk menyusun strategi konten di dalam chatbot tersebut. Buatlah agar tetap relevan dengan kebutuhan konsumen agar informasi yang diberikan tepat sasaran.

4. Rancang Alur Percakapan 

Hal terpenting dalam memuat chatbot adalah alur percakapan yang jelas. Saat mendesain alur percakapan, sebaiknya gunakan gaya bahasa yang digunakan sehari-hari. 

Ini akan membuat kesan lebih dekat dengan pelanggan karena mereka tidak merasa berbincang dengan robot. Untuk membuatnya lebih santai Anda dapat menambahkan salam sapa seperti Halo, Terima kasih, Ada yang bisa saya bantu, dan sebagainya.

5. Gunakan UI yang Mudah 

User interface (UI) atau desain antarmuka pengguna adalah hal penting mengenai desain situs web atau aplikasi bisnis Anda. UI berkaitan dengan bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web atau aplikasi. 

Biasanya pengguna menyukai desain web yang menarik dan mudah digunakan. Sekarang dengan menyusun chatbot pada platform pilihan Anda, Anda bisa menambahkan tombol tertentu untuk memudahkan navigasi situs web Anda.

5 hal diatas perlu Anda persiapkan saat memuat chatbot. Setelah melewati langkah-langkah tersebut, penting untuk mengembangkannya di masa depan untuk layanan yang lebih baik.

Author

 
Khairianti Syahputri
Khairianti Syahputri
Copywriter

Keywords

 

Page loaded in 1.56593 seconds