Hubungan ISO 9001 Dengan Sistem ERP
Hubungan ISO 9001 Dengan Sistem ERP

25 Apr 2022 09:17 676 Share

Sertifikasi ISO 9001 adalah sertifikasi standar kualitas yang paling banyak digunakan untuk penyedia produk dan layanan. Sertifikat ini merupakan standar internasional terkait dengan  kualitas dan pengendalian mutu. 

Baca juga: 5 Peran Penting Yang Harus Ada Pada Suatu IT Project

Implementasi dan Manfaat

Tentu saja, mengingat peran sertifikat tersebut dalam menilai kelayakan sistem manajemen mutu, setiap perusahaan yang ingin maju harus menggunakan standar ini. Penggunaan ERP bisa berpengaruh pada optimasi untuk mencapai sertifikasi ini. Sebelumnya, ketahui dahulu manfaat sertifikat ISO 9001 berikut.

  1. Menjamin kualitas dan mutu dari lembaga. Ini akan memastikan konsumen atau klien memperoleh pelayanan baik dan terus meningkat.
  2. Kepercayaan pelanggan akan meningkat sebagaimana lembaga sudah terbukti berstandar internasional.
  3. Sistem akan selalu terdokumentasi dengan baik.
  4. Kepuasan pelanggan meningkat seiring pelayanan lembaga yang memuaskan.
  5. Meminimalisir pekerjaan yang berulang.
  6. Meningkatkan citra dan daya saing,
  7. Lembaga terjamin mengimplementasikan manajemen mutu yang baik.

Pencapaian dengan Sistem ERP

Penggunaan ERP bisa memberikan kemudahan bagi perusahaan atau lembaga Anda dalam mencapai syarat kesuksesan sertifikasi. Beberapa diantaranya adalah:

  • Memberikan Pelayanan Lebih Baik

Penggunaan ERP akan melebihi ekspektasi pelanggan karena pelayanan Anda jauh lebih memuaskan dari apa yang mungkin mereka pikirkan di awal. ERP akan menjaga tingkat kepuasan mereka tetap tinggi.

Karena Anda dapat menjalani setiap proses produksi sampai distribusi dengan cepat dan tepat. ERP akan memberi kemudahan dalam otomatisasi sistem dan segala kebutuhan perusahaan.

  • Meningkatkan Produktivitas

Sistem ERP bermanfaat dalam meningkatkan produktivitas bukan hanya di satu aspek namun seluruh departemen. ERP akan menghapus kegiatan-kegiatan manual dalam perusahaan.

Pekerjaan manual yang menyita banyak waktu akan dialihkan ke sistem sehingga para karyawan bisa fokus pada peningkatan bisnis.

  • Standarisasi Prosedur

Prosedur yang ada pada internal perusahaan bisa disesuaikan dengan standarisasi terutama berkaitan dengan sertifikasi ISO 9001. Bisnis bisa memastikan seluruh departemen bekerja untuk satu tujuan dan dari data yang sama.

ERP memberikan kemudahan akses data bersama dan mengelolanya dengan mudah. Ini akan memungkinkan bagi setiap departemen mengakses satu data ter-update, efisien, akurat, dan penyimpanan data yang aman.

Sebagai wujud mengimplementasikan sertifikat ISO 9001, penggunaan ERP dengan fitur akurasi yang tinggi sangatlah penting. Folarium ERP menyediakan solusi ERP yang optimal dan membantu perusahaan Anda mencapai sertifikasi tersebut. Kemudian Anda akan lebih dekat dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Whatsapp Folarium
Page loaded in 3.31187 seconds